Kamis, 18 April 2013


Berita Saham Yang Suspend dan Yang Delesting

Berita saham di lantai bursa perdagangan hari ini cukup ramai, dimana selain ada saham yang paling banyak frekwensi transaksi ada juga saham yang volumenya paling tinggi. Hal tersebut berita gembiranya.
Namun untuk berita sedihnya hari ini Otoritas Bursa Efek Indonesia (BEI) menghentikan sementara (suspend) perdagangan 2 saham yaitu PT Surabaya Agung Industri Pulp & Kertas Tbk (SAIP) dan PT Kokoh Inti Arebama Tbk (KOIN) dari sesi pertama perdagangan hari ini. Menurut salah satu pejabat otoritas tersebut menyatakan selain tentang berita kepailitan perseroan tersebut juga karena adanya aksi jual yang tidak wajar.
Kemudian Berita yang lebih sedih lagi mengenai penghapusan pencatatan (delesting) yang diberikan kepada PT Panca Wiratama Sakti Tbk sejak tanggal 17 Mei 2013 nanti. Dan sebelumnya didahului dengan pencabutan penghentian sementara perdagangan efek PT Panca Wiratama Sakti Tbk hanya di pasar negosiasi selama 20 hari bursa terhitung sejak awal sesi I Perdagangan Efek hari Kamis 18 April 2013 sampai dengan hari Kamis 16 Mei 2013. Emiten ini bermasalah dalam gugatan pailit dari konsumen yang sampai sekarang masih belum selesai.
Untuk emiten yang penjualan sahamnya disuspen seperti SAIP disebabkan adanya pemberitahuan kepailitan dan permohonan penghentian transaksi efek yang dikirim oleh tim Kurator perusahaan itu sendiri yang tertanggal 17 April 2013 dengan Nomor : 04.01/PAILIT-SAIP/JP-JOS/IV/13.
Sedang penyebab saham emiten PT Kokoh Inti Arebama Tbk (KOIN) disuspen dikarenakan dalam perdagangan sahamnya terjadi peningkatan harga kumulatif. Dalam perdagangan hari ini harga saham KOIN naik Rp415 atau 162,75 persen yakni dari harga penutupan Rp255 pada 2 April 2013 menjadi Rp670 pada 17 April 2013. BEI melakukan penghentian dalam rangka cooling down pada hari ini.
Penghentian dilakukan di pasar reguler dan pasar tunai untuk memberikan waktu yang memadai bagi para pelaku pasar guna mempertimbangkan secara matang berdasarkan informasi yang ada dalam setiap pengambilan keputusan investasinya di saham KOIN.
Sedangkan untuk saham yang paling besar volume penjualannya dimiliki emiten yang berkode ENRG dan saham yang paling ramai transaksinya ada di saham emiten PWON.
Dan untuk harga indeks saham gabungan tertinggi hari ini ada di 5011, namun perdagangan pkl 15.20 ada di 4995,4.
Harga ini diperkirakan akan bertahan di atas 5000.

0 komentar:

Posting Komentar